RSS

Metode Pembelajaran Socrates

Socrates (470 SM - 399 SM) adalah filsuf dari Athena, Yunani dan merupakan salah satu figur tradisi filosofis Barat yang paling penting. Socrates lahir di Athena, dan merupakan generasi pertama dari tiga ahli filsafat besar dari Yunani, yaitu Socrates, Plato dan Aristoteles. Socrates adalah yang mengajar Plato, dan Plato pada gilirannya juga mengajar Aristoteles.
Filosofi
Salah satu catatan Plato yang terkenal adalah Dialogue, yang isinya berupa percakapan antara dua orang pria tentang berbagai topik filsafat. Socrates percaya bahwa manusia ada untuk suatu tujuan, bahwa salah dan benar memainkan peranan yang penting dalam mendefinisikan hubungan seseorang dengan lingkungan dan sesamanya. Sebagai seorang pengajar, Socrates dikenang karena keahliannya dalam berbicara dan kepandaian pemikirannya. Socrates percaya bahwa kebaikan berasal dari pengetahuan diri, dan manusia pada dasarnya adalah jujur, serta kejahatan merupakan suatu upaya akibat salah pengarahan yang membebani kondisi seseorang. Pepatahnya yang terkenal: "Kenalilah dirimu".
Socrates percaya bahwa pemerintahan yang ideal harus melibatkan orang-orang yang bijak, yang dipersiapkan dengan baik, dan mengatur kebaikan-kebaikan untuk masyarakat. Ia juga dikenang karena menjelaskan gagasan sistematis bagi pembelajaran mengenai keseimbangan alami lingkungan, yang kemudian akan mengarah pada perkembangan metode ilmu pengetahuan.
Pengertian Metode Socrates
Metode Socrates (Socrates Method), yaitu suatu metode pembelajaran yang dilakukan dengan percakapan, perdebatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling berdiskusi dan dihadapkan dengan suatu deretan pertanyaan-pertanyaan, yang dari serangkaian pertanyaan-pertanyaan itu diharapkan siswa mampu/ dapat menemukan jawabannya, saling membantu dalam menemukan sebuah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sulit. Secara historis sokrates banyak bergulat soal isu-isu yang terkait dengan kehidupan manusia yang mempertanyakan soal-soal yang terkait dengan kebaikan, moral, dan keadilan.
Metode pembelajaran Socrates bukanlah dengan cara menjelaskan, melainkan dengan cara mengajukan pertanyaan, menunjukkan kesalahan logika dari jawaban, serta dengan menanyakan lebih jauh lagi, sehingga para siswanya terlatih untuk mampu memperjelas ide-ide mereka sendiri dan dapat mendefinisikan konsep-konsep yang mereka maksud dengan mendetail.
Strategi Socrates adalah prosedur pengajaran lama yang mempunyai sejarah dan prestise panjang pada zaman Yunani awal. Strategi Socrates diajarkan dengan cara bertanya jawab untuk membimbing dan memperdalam tingkat pemahaman yang berkaitan dengan materi yang diajarkan sehingga anak didik mendapatkan pemikirannya sendiri dari hasil konflik kognitif yang terpecahkan (Johwnson, D. W. & Johnson, R. T, 2002). Pembelajaran dengan metode Socrates menuntut pebelajar berpikir kritis dan hasil akhirnya juga bersikap kritis. Strategi ini juga menekankan dialog-dialog pemikiran sebagai usaha mengungkapkan sesutau objek pembahasan menuju pada hakikat terdalamnya. Jadi, Metode Socrates disebut juga metode kritis atau metode dialektika.
Peserta dalam metode ini, antara yang satu dengan yang lainnya memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dalam menyikapi sebuah pertanyaan atau topik sehingga menyebabkan adanya kontradiksi dalam diskusi. Peserta yang melakukan metode ini berusaha untuk mempertahankan argumennya masing-masing. Namun, dari beberapa argumen tersebut berdasarkan hasil diskusi nantinya akan ditemukan sebuah jawaban yang benar berdasarkan logika dan fakta.
Metode ini menelanjangi ketidaktahuan manusia, yang menganggap benar banyak hal tapi sesungguhnya salah.Yang terpenting dari metode ini bukanlah jawaban yang dihasilkan nanti, melainkan bagaimana proses dalam mendiskusikan pertanyaan atau topik yang diajukan.
Dasar filsafat metode Socrates ini, adalah pandangan dari Socrates, bahwa pada tiap individu anak didik telah ada potensi untuk mengetahui kebenaran dan kebaikan serta kesalahan. Dan dengan demikian seseorang sekalipun kelihatannya bodoh mungkin pula berpendapat / berbuat sebaliknya.
Dalam proses belajar-mengajar metode ini sangat baik digunakan dimana secara teknis dalam bangku perkuliahan misalnya seorang dosen melontarkan sebuah pertanyaan atau topik secara diam-diam (kejutan) tanpa diketahui mahasiswa sebelumnya, sehingga mahasiswa dituntut untuk berani, percaya diri, berpartisipasi secara aktif dan kritis dalam menanggapi topik tersebut. Elemen kejutan memberikan insentif yang kuat bagi mahasiswa untuk memenuhi tanggung jawab dan juga mendorong untuk mempersiapkan kelas, yang akan memungkinkan mereka untuk belajar lebih banyak terlebih dahulu.
Tujuan dari metode socrates ini adalah merangsang mahasiswa untuk menganalisis suatu masalah dengan sebuah analogi dan berpikir kritis tentang suatu argumen. Metode ini juga membantu mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan penalaran serta menanamkan pada siswa kebiasaan ketat dan analisis kritis argumen-argumen yang mereka dengar secara tegas dan persuasif, serta praktek menilai dan merevisi ide-ide mereka sendiri dan pendekatan dalam terang informasi baru atau penalaran yang berbeda.
Ciri atau karakteristik dari metode Socrates adalah sebagai berikut (Qosyim, A,2007: 7)
·         Dialektik, artinya bahwa metode tersebut dilakukan oleh dua orang atau lebih yang pro dan kontra, atau yang memiliki perbedaan pendapat.
·          Konfersasi, artinya bahwa metode dilakukan dalam bentuk percakapan atau komunikasi lisan.
·         Tentatif dan provisional, artinya kebenaran yang dicari bersifat sementara tidak mutlak, dan merupakan alternatif-alternatif yang terbuka untuk semua kemungkinan.
·         Empiris dan induktif, artinya segala sesuatu yang dibicarakan dan cara penyelesaiannya harus bersumber pada hal-hal empiris.
·         Konsepsional, artinya metode ditujukan untuk tercapainya pengetahuan, pengertian dan konsep yang telah definitif daripada sebelumnya.
Berdasarkan kelima ciri yang disebutkan di atas maka ciri yang sesuai dengan penelitian adalah empiris dan induktif serta konseptional.
Langkah-langkah metode Socrates yaitu :
Proses pembelajaran yang menerapkan strategi Socrates adalah pembelajaran dibangun dengan memberikan serangkaian pertanyaan yang tujuannya mengetahui sesuatu isi berkait yang ditanyakan materi tertentu. Metode ini memudahkan siswa mendapatkan pemahaman secara berangkai dari bentuk tanya jawab yang dilakukan. Bentuk-bentuk tahapan procedural dalam melaksanakan tanya jawab seperti yang dilakukan oleh Socrates dalam membelajarkan bahan dengan perilaku menirukan apa yang dilaksanakan oleh Socrates. Menurut Johnson, D. W. dan Johnson R. T. (2002: 194) dalam bukunya yang berjudul The meaningful Assesing yang disadur secara bebas diperoleh sebagai berikut :
Being Socrates :
a. Choose a topic being studied.
b. Develop two or three general question on what the student knows about the topic to begin an interview.
c. After asking the opening question, probe what student knows while looking for inconsintecies, contradiction or conflicts in what the student is saying.
d. Ask follow – up question that highlight the conflicts within the student’s reasoning and make the contradiction focal point for the student’s attention.
e. Continue the interview until the student has resolved the conflicts by moving toward deeper – level analysis of what he or she knows and by arriving a greater and greater insight into the material being studied.
f. Conclude the interview by pointing the student toward further resources to read and study.
Dimana :
1.      Menyiapkan deretan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada siswa, dengan memberi tanda atau kode-kode tertentu yang diperlukan
2.      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa dan siswa diharapkan dapat menemukan jawabannya yang benar
3.      Ajarkan mengapa pengetahuan itu terpenting dan bagaimana pengetahuan itu dapat di terapkan untuk pemecahan masalah: 
4.      Tuntun eksplorasi siswa. Sebagai seorang guru untuk pelajaran pemecahan masalah, perannya adalah:
a.       Membiarkan eksplorasi siswa tak terintangi, partisipasi aktif, dan bertanya.
b.      Membantu siswa dalam menghubungkan pengetahuan baru dan pengetahuan terdahulu.
c.       Membantu siswa nenbentuk dan menginternalisasi representasimasalah atau tugas.
d.      Membantu siswa mengidentifikasi persamaan antara masalah baru dan pengalaman yang lalu yang berisikan masalah yang serupa.Jaga pada awalnya analogi ini sederhana.
e.       Berikan umpan balik mengenai benar atau salahnya jalan pikiran dan jalur pemecahan masalah. Penekanan teknik bertanya ala Socrates adalah penjelasan konsep-konsep dan gagasan-gagasanmelalui penggunaan pertayaan-pertayaan pancingan. Sebagai suatu teknik pembelajaran, ia harus di pikirkan dan di tatar dengan baiak. Instruktur yang menggunakan tekstik ini harus belajar bagaimana mendengar dengan hati-hati apa yang di tanyakan dan di bahas.
5.      Jika pertanyaan yang diajukan itu terjawab oleh siswa, maka guru dapat melanjutkan/mengalihkan pertanyaan berikutnya hingga semua soal dapat selesai terjawab oleh siswa.
6.      Jika pada setiap soal pertanyaan yang diajukan ternyata belum memenuhi tujuan, maka guru hendaknya mengulangi kembali pertanyaan tersebut. Dengan cara memberikan sedikit ilustrasi, apersepsi dan sekedar meningkatkan dan memudahkan berpikir siswa, dalam menemukan jawaban yang tepat dan cermat.
Kebaikan metode Socrates adalah :
1.      Membimbing siswa berpikir rasional dan ilmiah
2.      Mendorong siswa untuk aktif belajar dan menguasai ilustrasi pengetahuan
3.      Menumbuhkan motivasi dan keberanian dalam mengemukakan pendapat dan pikiran sendiri
4.      Memupuk rasa percaya pada diri sendiri
5.      Meningkatkan partisipasi siswa dan berlomba-lomba dalam belajar yang menimbulkan persaingan yang dinamis
6.      Menumbuhkan disiplin
Metode Socrates memiliki beberapa kelebihan (Lammendola, 2009). Kelebihan metode Socrates yaitu :
a.       Stimulates critical thinking.
b.      Forces a reasonably well-prepared student to go beyond the “obvius” to consider broader implications.
c.       Force non-participating students to question their underlying assumptions of the case under discussion.
d.      Constant Feedback.
e.       Fosters an interactive and interesting learning environment.
f.       Forces higher level of class preparation.
Kekurangan metode Socrates sebagai berikut :
1.      Metode Socrates dalam pelaksanaannya masih sulit dilaksanakan, pada sekolah tingkat rendah. Sebab siswa belum mampu berpikir secara mandiri
2.      Metode Socrates terlalu bersifat mekanis, dimana anak didik dapat dipandang sebagai mesin, yang selalu siap untuk digerakkan
3.      Lebih menekankan dari segi efektif (aspek berfikir) daripada kognitif (penghayatan/perasaan). Padahal pengajaran agama sangat menonjolkan segi perasaan dan penghayatan ini
4.      Kadang-kadang tidak semua guru selalu siap memakai metode Socrates, karena metode Socrates menuntut dari semua pihak baik guru maupun siswa sama-sama aktif untuk belajar dan menguasai bahan/ilmu pengetahuan.
Kekurangan strategi Socrates (Lammendola, 2009), diantaranya adalah:
a. The Socratic method subjects unprepared student to scrutiny.
b. Can foster an unhealthy adversarial relationship between an instructor and his student.
c. Creates a fearful learning environment.

d. Generally more time-consuming than lecture-based environment.





26 komentar:

Unknown mengatakan...

Boleh minta judul bukunya min?

hariatik putri suryanto mengatakan...

referensinya mana?

Unknown mengatakan...

Excellent post !!!. The strategy you have posted on this technology helped me get into
the next level and had lot of information in it.
r-programming online training

r-programming training

Unknown mengatakan...

boleh minta referensinya?

Jamess mengatakan...

time so you can get the QuickBooks Tech Support We now have trained staff to soft your issue. Sometimes errors may possibly also happen as a consequence of some small mistakes. Those are decimals, comma, backspace, etc. Are you go through to deal with this? If you do not, we have been here that will help.

Bryan Willson mengatakan...

Creating a set-up checklist for payment in both desktop & online versions is a vital task that should be proven to every QuickBooks user. Hope, you liked your site. If any method or technology you can't understand, in that case your better choice is that will make e mail us at our Support for QuickBooks Payroll.

JimGray mengatakan...

Our QuickBooks enhanced payroll support will help you to stand in an aggressive market. Intuit Payroll on the internet is among the advanced competitive accounting software. Being occupied with several advanced functions, in the event that you will contact QuickBooks support to run this impressive software, you can smoothly increase your business with no technical issue. To obtain the QuickBooks support, it is possible to contact our QuickBooks Payroll Support Number.

steffan mengatakan...


While installing QuickBooks Pro at multiple computer systems or laptops, certain bugs shall disturb the original set up process. This installation related problem can be solved by letting the executives that are handling the QuickBooks Technical Support Phone Number understand the details related to your license therefore the date of purchase of the product to instantly solve the put up related issue.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

QuickBooks users will often be found in situations where they should face many of the performance and many other errors as a consequence of various causes in their computer system. If you need any help for QuickBooks Support Number from customer care to obtain the way to these errors and problems, it is a facile task to see of QuickBooks support contact number and discover instant advice about the guidance of the technical experts.

rdsraftaar mengatakan...

All these issues mentioned above are a couple of examples of what sort of tech glitches users may face. QuickBooks Enterprise help is the only solution for the variety of issues. So, contact with our QuickBooks support team making use of the QuickBooks Enterprise Tech Support Number to enjoy most of the latest plans and services offered by us globally. Dial our QuickBooks Enterprise tech support number to obtain an instant QuickBooks help.

Jamess mengatakan...

Any QuickBooks Technical Support Phone Number user faces any sort of identified errors in their daily accounting routine; these errors can differ from one another to a large degree, so our dedicated QuickBooks Payroll Pro-Advisers are well loaded with their tools and expertise to give most effective resolutions right away to the customers.

Mathew mengatakan...

For any issues such as these, you've probably commendable the help of our learned and experienced customer support executives at QuickBooks Enterprise Technical Support .

kevin32 mengatakan...

QuickBooks Support Phone Number Premier is very simple to work well with but errors may usually pop up at the time of installation, at the time of taking backup, while upgrading your software to your latest version etc.

kevin32 mengatakan...


QuickBooks Support Phone Number– Inuit Inc has indeed developed a superb software product to deal with the financial needs associated with the small, medium and large-sized businesses. The name of this software is QuickBooks.

Bryan Willson mengatakan...

The services of Intuit QuickBooks Support requires just a few minutes to get in touch and supply the remote access support, then, the CPA will log to the customer's QuickBooks to coach customers, review the client's publications and, if suitable, input alterations and adjustments and certainly will fix your errors.

QuickBooks Support Phone Number mengatakan...

You must arrive at used to understand this help.Contact our Technical Team with QuickBooks Tech Support Number Nowadays it really is a sizable challenge for business organizations to get an excellent means to fix manage their business accounts in a convenient way.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

The attributes of Quickbooks makes users amaze and but sometimes feel bad if the reference to the QuickBooks Support Number happens to be lost . It is frequent issues with the application are such as for instance: QB SYNC problem , errors within the transaction report , improper functioning of payroll system errors while doing the installation.

accountingwizards mengatakan...

Get prominent options for QuickBooks near you right away! Without any doubts, QuickBooks has revolutionized the process of doing accounting this is the core strength for small in addition to large-sized businesses. QuickBooks Tech Support Phone Number is assisted by our customer support specialists who answr fully your call instantly and resolve all of your issues at that moment. It is a backing portal that authenticates the users of QuickBooks to perform its services in a user-friendly manner.

QuickBooks Payroll Support Phone Number mengatakan...

Since QuickBooks Tech Support Number is an propel software with numerous technicalities involved with it. Once in a while, it is hard for clients to handle the specialized issues that emerge with it and that is the reason we have a group of Experts to determine all you’re bookkeeping questions and issues.

Bryan Willson mengatakan...

Search to the chart of accounts really is easy to manage with added search bar right in the chart of accounts. For better information, you could call at QuickBooks Enterprise Support Number.

kevin32 mengatakan...


When you are getting annoying errors in your QuickBooks application and you’re not able to correct them, don’t lose yourself. Any QuickBooks Payroll Support Phone Number errors can be fixed at our toll-free helpline through our Intuit’s QuickBooks ProAdvisors.

kevin32 mengatakan...

Therefore, QuickBooks Tech Support Phone Number users may need to face lots of issues and in addition some error messages when using the software. So whenever you feel something went wrong along with your QuickBooks accounting software and learn about QuickBooks loan manager, so for the reason that case, you can just get tech support team from our amazing expert’s team, day time and night to easily solve any issues or errors linked to QuickBooks.

Blogsilly mengatakan...

QuickBooks Enterprise is a high-functioning software designed specifically towards large organizations. It has multiple advanced features to help out accounting and bookkeeping professionals. If you would like to learn How To Resolve Quickbooks Error 9999, you can continue reading this blog.

Blogsilly mengatakan...

QuickBooks) is running. Also, it may happen to take place during Windows startup or shutdown, or even when the Windows operating system is being installed. This is why it is important to keep track of when and where the 9999 error takes place which acts as an extremely crucial piece of information in troubleshooting the problem. If you would like to learn How To Troubleshoot Quickbooks Error 9999, you can continue reading this blog.

devi mengatakan...

Terimakasih.....

Muhammad Arif Maulana mengatakan...

hmmm.... masih gak paham ama metode socrates

Posting Komentar